Image

Menko Darmin Sebut RI Tak Pontang-panting Hadapi Gejolak Ekonomi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 15:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 20 1557318 menko-darmin-sebut-ri-tak-pontang-panting-hadapi-gejolak-ekonomi-SVDIAddJEy.jpg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution memberi apresiasi kepada peserta aksi damai 212. Pasalnya, aksi ini berjalan damai dan tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pasar.

Menurut Darmin, saat ini fundamental ekonomi Indonesia masih stabil. Hal ini dapat dilihat dari mulai tumbuhnya permintaan kredit dari berbagai sektor.

"Kredit agak lambat tahun ini, bulan-bulan lalu paling-paling hanya 6-6,5%. Tapi sejak Oktober ini kenaikannya 7 koma sekian (persen) naik pertumbuhannya," kata Darmin saat ditemui di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Selama ini, lanjut Darmin, banyak negara yang cukup kesulitan untuk menghadapi gejolak ekonomi global. Hanya saja, Indonesia tidak terlalu terkena dampak karena stabilnya fundamental ekonomi.

"Banyak negara sekarang sudah pontang-panting dengan urusan Donald Trump, Brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa), kita enggak begitu berdampak tuh. Kita enggak banyak kena pengaruh, tapi ada. Ada outflow dari Dolar, tapi enggak sedemikian besar sehingga membuat misalnya cadangan devisa turun," jelas Darmin.

Stabilnya fundamental ekonomi ini pun juga berdampak pada nilai tukar Rupiah yang masih cukup stabil. Meskipun cukup terkena dampak dari terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, namun nilai tukar Rupiah saat ini masih berada pada level yang tidak mengkhawatirkan.

"Sehingga walaupun ada tekanan di pasar internasional seperti Brexit, Trump, Rupiah, kita walaupun akhir-akhir ini terdepresiasi tidak termasuk besar dibanding negara lain. Kalau year to date, Rupiah kita bukan melemah tapi menguat, dilihat dari semua itu aspek fundamental kuat," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini