Image

Porsi Asing dalam Obligasi RI Lebih Besar dari Malaysia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 16:00 WIB
https img o okeinfo net content 2016 12 02 20 1557322 porsi asing dalam obligasi ri lebih besar dari malaysia eqOPWnegFn jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Ekonomi Indonesia hingga hari ini masih tetap stabil. Meskipun diguncang oleh beberapa sektor eksternal dan internal, ekonomi Indonesia tetap tumbuh lebih baik.

Keadaan ini pun direspons secara positif oleh pelaku pasar. Bahkan, para investor masih mempercayai Indonesia sebagai negara tujuan investasi. Hal ini dapat dilihat dari besarnya porsi kepemimpinan surat berharga negara (SBN) Indonesia oleh investor asing yang melebihi negara tetangga, Malaysia.

"Asing di SBN kita banyak, jauh lebih banyak dibanding Malaysia. Di Malaysia, asing di pasar obligasi negara 13-14%, kita 39%. Di pasar saham lebih besar lagi," kata Darmin di kediaman dinasnya, Jakarta, Jumat (2/11/2016).

Menurut Darmin, selama ini goncangan terhadap ekonomi Indonesia lebih banyak berasal dari luar negeri. Keadaan ini pun perlu diwaspadai mengingat masih adanya potensi ancaman dari faktor eksternal sepanjang tahun 2017 mendatang.

"Ya lebih menekan faktor eksternal, Tapi kita tidak terkena besar, kalau tidak kuat fundamentalnya, itu dampaknya tekanan besar ke kita. Artinya secara teoritis goncangan itu dampaknya lebih besar ke kita, tapi faktanya enggak, karena kita punya fundamental kuat," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini