Image

Cerita Menko Darmin Dipanggil Jokowi karena Inflasi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 16:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 20 1557357 cerita-menko-darmin-dipanggil-jokowi-karena-inflasi-RYbWSRprO4.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang November lalu terjadi inflasi sebesar 0,47%. Inflasi ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,14%.

Adapun penyebab inflasi ini adalah kenaikan harga pangan seperti bawang, cabai, hingga tomat. Hal ini disebabkan karena cuaca yang mulai memasuki musim penghujan.

Hal ini pun direspons secara cepat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Beberapa jam setelah pengumuman inflasi BPS, Jokowi segera memanggil Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"Presiden kan sama-sama Pak JK (Wakil Presiden Jusuf Kalla) panggil saya, Mendag, Menteri Pertanian, Bulog, setelah diumumkan data inflasi. Jadi Presiden, wapres menanyakan soal itu dan meminta disiapkan langkah-langkah kebijakan termasuk kebijakan yang sifatnya lebih panjang untuk jawab persoalan ini," kata Darmin di kediamannya, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Darmin pun akhirnya hari ini memanggil beberapa Menteri Kabinet Kerja ke kediamannya untuk melakukan rapat koordinasi. Adapun topik yang dibahas adalah tentang cara pengelolaan harga yang harus dilakukan secara jangka panjang.

"Tapi juga bagaimana caranya kalau harga bergerak naik apa yang harus dilakukan dan bersama," jelasnya.

Rapat koordinasi pun difokuskan untuk membahas sektor pangan, terutama cabai. Diharapkan, hasil rapat ini nantinya dapat menjadi modal bagi pemerintah untuk dapat menstabilkan harga pangan sehingga dapat mengendalikan inflasi.

"Kalau di lapangan itu harga naik, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, itu ngecek, utamanya perdagangan. Meraka punya catatan terus menerus. Jadi ada data itu," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini