Image

Pasar Saham Asia Dibuka Malas Bergerak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 08:58 WIB
https img okeinfo net content 2016 12 02 278 1556841 pasar saham asia dibuka malas bergerak 3Rw6m0nLpE jpg Ilustrasi indeks Asia. (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Pasar saham Asia dibuka bergerak mendatar seiring mixednya Wall Street dan pasar saham Eropa. Selain itu, yield US Treasury untuk tenor 10 tahun melonjak mendekati level tertinggi 18 bulanan dan harga minyak mentah berjangka melonjak ke tingkat tertinggi 16 bulanan.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang sedikit berubah, tetapi tetap naik 0,6% minggu ini. Indeks saham Jepang, Nikkei N225, melonjak ke tingkat tertinggi 11 bulanan, setelah tergelincir 0,6% menyusul penguatan yen menguat. Nikkei bersiap untuk kenaikan mingguan sebesar 0,1%.

Imbal hasil US Treasuries 10-tahunan menyentuh 2,49%, tertinggi sejak Juni 2015, setelah data menunjukkan aktivitas pabrik mulai menguat pada November dan belanja konstruksi mengalami percepatan pada Oktober.

Data-data yang kuat ini mendorong proyeksi kenaikan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Selain itu, investor juga menanti janji stimulus fiskal dari pemerintah Amerika seiring dengan kenaikan harga minyak yang diyakini akan kontributor untuk inflasi.

Investor saat ini tengah menanti laporan kerja November, untuk meneguhkan bukti lebih lanjut dari perbaikan ekonomi.

Dolar AS mencapai level tertinggi sejak Februari terhadap yen, setelah klaim pengangguran mingguan mengalami penurunan dan mencapai titik terendah 43 tahunan pada pertengahan November, dan mencapai level tertinggi dalam lima bulan terakhir.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini