Image

Net Sell Asing Bukan Hanya karena Demo 212

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 10:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 278 1556942 net-sell-asing-bukan-hanya-karena-demo-212-Ba5hJa5XY1.jpg Ilustrasi demo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kondisi Indonesia yang beberapa waktu ini diwarnai oleh aksi demonstrasi memengaruhi minat asing berinvestasi di Indonesia. Oleh karena investor asing pun lebih banyak melakukan aksi jual saham di Indonesia.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya menilai fenomena tersebut merupakan hal yang biasa terjadi di dunia jual beli saham. Pasalnya, Indonesia sudah mendapatkan net buy asing yang cukup besar sebelumnya.

"Itu hal yang wajar, kita jangan lihat sekarang dia (asing) beberapa hari net sell, tapi dari awal tahun kan dia sudah melakukan net buying terus sampai Rp30an triliun sekarang tinggal Rp20an triliun itu sangat wajar," katanya di Bursa Efek Indonesia, Jumat (2/12/2016).

"Dan saya bisa katakan‎ sebagian asing yang keluar dalam beberapa minggu terakhir atau bulan terakhir itu kan bisa dikatakan itu adalah sebagian juga ada yang tax amnesty crossing dari asing ke lokal. Jadi yang sebelumnya ada sebagian yang pakai SPV yang tercatat sebagai asing kan sekarang kembali menjadi domestik," lanjutnya.

Maka dengan adanya tax amnesty, dia mengatakan akan membuat database pelaku saham menjadi lebih transparan. Sehingga akan memudahkan dalam membedakan pelaku saham asing dan domestik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini