Image

Pasar Saham Indonesia Tetap Stabil Jika Demo Berakhir Damai

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 02 278 1557090 pasar-saham-indonesia-tetap-stabil-jika-demo-berakhir-damai-lQHf2BhDan.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone)

JAKARTA - Pasar saham di Indonesia pada pagi ini dibuka dengan melanjutkan pergerakan di zona hijau, meskipun Jakarta tengah dikepung demo dan aksi damai yang disebut sebagai demo 212. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini naik 8 poin atau 0,16% ke 5.207.

Siang ini IHSG mengakhiri perdagangan dengan 136 saham menguat, 122 saham melemah dan 93 saham stagnan. Mengambil jeda perdagangan hari ini, telah terjadi transaksi sebesar Rp2,4 triliun dari 5,5 miliar lembar saham diperdagangkan.

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, pasar saham memang tidak begitu terpengaruh dengan aksi damai 212 ini. Pasalnya, investor meyakini aksi ini berlangsung secara damai seperti yang didengungkan sebelumnya.

"Nanti dilihat sampai jam 3, kalau masih berjalan damai, dan tidak ada ekses negatif maka penutupan bursa hari ini tidak akan ada pergerakan signifikan," tuturnya kepada Okezone, Jumat (2/11/2016).

Menurutnya, aksi damai memang selalu ditanggapi secara positif bagi investor. Selama ini, capital outflow yang terjadi lebih disebabkan oleh faktor eksternal.

"Adapun Rp12 triliun yang keluar dari Indonesia November kemarin ini kan bukan karena kondisi politik, itu faktor ketiga dan keempat, tapi karena efek Amerika Serikat dan Donald Trump dominan," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini