Image

Reliance Securities Diberi Sanksi Denda Rp100 Juta

Agregasi Jum'at 02 Desember 2016, 14:17 WIB
https img z okeinfo net content 2016 12 02 278 1557192 reliance securities diberi sanksi denda rp100 juta Jyncr6AUDS jpg Ilustrasi pasar modal. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberi sanksi pada PT Reliance Securities Indonesia Tbk (RELI) berupa denda Rp100 juta dan peringatan tertulis. Ada tiga hal yang mendasari pemberian sanksi tersebut. Pertama, RELI dinilai menyajikan laporan keuangan dan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) secara tidak akurat.

Kedua, bursa menilai RELI melakukan transaksi titip jual beli tidak sesuai dengan ketentuan. Ketiga, RELI tidak melakukan pendokumentasian atas instruksi nasabah. BEI enggan merinci pelanggaran apa yang dilakukan RELI sehingga membuatnya disentil. "Ini yang dulu, tidak ada hubungannya dengan Larasati,"kata Direktur BEI,Hamdi Hassyarbaini di Jakarta.

Presiden Direktur RELI Jurgantara Usman juga enggan memberikan konfirmasi terkait pemberian sanksi ini. Sekadar mengingatkan, Reliance sebelum ini sempat tersandung kasus penipuan investasi yang dilakukan oleh E.P.

Mantan karyawan Reliance, Larasati, merupakan aktor di balik kasus penipuan investasi FR0035. Dia mengatasnamakan RELI saat melancarkan aksi. Saat ini, kasus penipuan Larasati sedang dalam proses pengadilan.

Jika ditilik lebih lanjut kebelakang, RELI juga sempat terbawa kasus transaksi semu saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP). Reliance tersangkut kasus ini bersama sejumlah sekuritas lain.

Karena kasus ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sempat memberikan sanksi penghentian aktivitas perdagangan kepada Reliance dua sekuritas lain, yakni Danareksa Sekuritas dan Millenium Danatama Sekuritas. Ketiga sekuritas tersebut dianggap telah melanggar prinsip know your customer (KYC).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini