Image

Pihak BEI Keukueh Tax Amnesty Bukan Mimpi

Agregasi Jum'at 02 Desember 2016, 14:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 02 278 1557241 pihak-bei-keukueh-tax-amnesty-bukan-mimpi-s6spsbuKq8.jpg BEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan, hingga saat ini dana repatriasi dari program amnesti pajak yang baru masuk ke pasar modal masih di bawah Rp1 triliun. Namun, BEI meyakini jumlah itu akan terus bertambah sampai masa periode dua dan tiga program tersebut berakhir.

Menurut Direktur Pengawasan dan Kepatuhan BEI Hamdi Hasyarbaini, jumlah dana repatriasi yang masuk kebanyakan datang dari perusahaan dan bukan dari perorangan. Tapi, kebanyakan mereka tidak mau diketahui oleh publik telah mengikuti program dimaksud. Jumlahnya masih di bawah Rp1 triliun, tapi jumlah akan terus bertambah.

"Jumlah RDN-nya masih di bawah 10, rata-rata perusahaan. Yang besar kan kemarin BCA, tapi tidak tahu itu amnesti pajak tidak. Karena mereka tidak mau minta diskon fee kepada bursa," katanya di Jakarta.

Dia menambahkan, Grup BCA tidak mau meminta diskon fee ke bursa karena mereka merasa malu jika meminta diskon fee padahal mereka memiliki induk yang sangat besar di Indonesia. Adapun program amnesti pajak ini diharapkan memberi efek positif bagi perekonomian Indonesia.

"Banyak yang tidak lapor ke bursa, karena sifatnya rahasia. Orang bisa menduga-duga kalau BCA itu kemarin amnesti pajak tapi mereka tidak minta diskon, minta diskon malu-maluin karena mereka (perusahaan) besar," tegas Hamdi.

Lebih lanjut, Hamdi mengatakan, rasa optimistis meningkatnya dana repatriasi ke pasar modal bukan sekadar mimpi semata. Pasalnya, para peserta amnesti pajak rata-rata mau ikut program pengampunan pajak di akhir periode.

"Banyak yang diam-diam, bakal bertambah lagi. Orang Indonesia kan sukanya last minute. Makanya akan bertambah di akhir Desember dan nantinya juga akan bertambah lagi di akhir Maret yang merupakan akhir periode tiga amensti pajak," pungkas Hamdi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini