Image

Ace Hardware Indonesia Bidik Pendapatan Tumbuh 7%

Agregasi Jum'at 02 Desember 2016, 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 278 1557282 ace-hardware-indonesia-bidik-pendapatan-tumbuh-7-Ig90f1JFwe.jpg ACE Hardware. (Foto: Haaretz)

JAKARTA - Keyakinan tahun depan pertumbuhkan ekonomi akan jauh lebih baik menjadi keyakinan bagi PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) target bisnis di 2017 akan tumbuh positif. Bahkan emiten ritel ini memproyeksikan bisnisnya masih bisa tumbuh, di mana perusahaan menargetkan pendapatan dan laba tumbuh linier di 2017.

Direktur ACES, Hartanto Djasman mengatakan,pihaknya memandang positif bisnis tahun depan. Dengan proyeksi perekonomian nasional masih dapat tumbuh hingga 5,1%, serta belanja pemerintah yang juga akan meningkat. Sehingga meningkatkan pula pola konsumsi dari masyarakat. "Tahun prospeknya lebih bagus, melihat kalangan dari middle class juga semakin meningkat," kata Hartanto di Jakarta.

Makanya untuk tahun depan, Hartanto menargetkan pendapatan tumbuh 7% linier dengan target pertumbuhan laba yang dipatok 7%. Hal ini guna menjaga rasio profit margin yang di target tetap terjaga pada level 10%-11%. Dari ekspansi, Hartanto juga mengatakan perusahaannya akan terus menambah gerai-gerai baru. Yang dipatok sama dengan tahun ini 10 gerai pada 2017 mendatang.

Sementara Sekretaris Perusahaan ACES, Helena Tanzil mengatakan, perusahaan akan menganggarkan dana belanja modal sebesar Rp250 miliar guna merealisasikan pembangunan itu. Sumber dana yang berasal dari kas internal itu juga dipergunakan untuk modal kerja perseroan.

Rencananya pembangunan gerai baru itu mulai menyebar tidak berfokus dipulau Jawa saja. Daerah paling baru adalah Aceh, serta penambahan beberapa gerai lagi di Balikpapan, Pekanbaru, dan kota Bandung. ”Aceh adalah pasar baru, sisanya hanya penambahan dari gerai yang sudah ada,” kata Helena.

Sebagai informasi, jumlah gerai yang sudah dimiliki ACES hingga saat ini berjumlah 127 gerai. Pencapaian ini sudah sesuai target perusahaan yang ingin menambah 10 gerai di tahun ini. Hingga kuartal III,ACES membukukan penjualan Rp3,93 triliun atau naik 3% dari periode sama tahun lalu Rp3,42 triliun. Sementara laba bersih dicatatkan meningkat 20% menjadi Rp470 miliar dari Rp389 miliar.

Belum lama ini, perseroan membuka dua gerai sekaligus dalam dua pekan terakhir. Gerai ke-11 tahun ini di buka di Mall Suzuya, Aceh.Gerai yang berlokasi di Mall Suzuya ini memiliki luasan sekitar 2.004 meter persegi. Adanya pembukaan gerai baru tersebut,maka hingga saat ini perseroan memiliki total 127 gerai. Kemudian gerai ke-10 di Siliwangi, Semarang. Pembukaan gerai dilakukan pada 26 November 2016 dengan luasan sekitar dua ribu meter persegi.

Sebagai informasi, tahun ini ACES mematok target konservatif terhadap pembukaan toko baru. Analis Samuel Sekuritas, Marlene Tanumihardja memaparkan,ACES masih menargetkan membuka toko baru hanya 8 – 10 toko baru, yang sekitar 70% masih akan berada di pulau Jawa.

”Dengan pembukaan gerai yang mayoritas masih berada di Jawa tersebut, dominasi ACES pada bisnis home improvement di Indonesia, serta fokus pada kelas menengah, kami berkeyakinan target pertumbuhan penjualan sebesar 7,3% untuk tahun ini mampu tercapai," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini