Image

OJK: Demo 212 Tak Terlalu Pengaruhi Market

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 10:05 WIB
https img z okeinfo net content 2016 12 02 320 1556910 ojk demo 212 tak terlalu pengaruhi market N3BcwbqZ7w jpg Ilustrasi IHSG. (Foto: Okezone)

BALI - Demo 212 yang dimulai pagi ini di bilangan Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, nampaknya tidak memberikan pergerakan negatif pada pasar saham Indonesia dan pergerakan Rupiah.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menuturkan, demo 212 belum berdampak pada pasar saham pagi ini. Yang pasti, bursa saham tetap buka normal hari ini.

"Saya terus terang belum melihat dampaknya pagi ini karena memang masih mempersiapkan acara (sustainable finance) tadi. Tetapi sebetulnya semoga, semoga itu sudah diantisipasi dalam artian bahwa masyarakat sudah lebih percaya bahwa demo hari ini memang demo damai sehingga tidak terlalu berpengaruh pada market," ujarnya di sela acara Sustainable Finance Forum, di Westin Hotel, Bali, Jumat (2/12/2016).

Menurut dia, ada beberapa hal yang mempengaruhi market, bukan hanya fundameltal perekonomian tapi isu berkembang seperti demo sangat memberikan efek pada pasar modal. Seperti pada aksi demo 4 November, terjadi penurunan yang cukup signifikan.

"Tetapi setelah itu (demo berakhir) kembali balik. Jadi memang ciri capital market itu seperti itu ada suatu kondisi investor biasanya mencoba mengantisipasi kemudian wait and see kemudian mereka melakukan transaksi-transaksi," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini