Image

Apindo: Kita Tak Larang Demo 212, Tapi Jangan Sweeping!

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 11:28 WIB
https img z okeinfo net content 2016 12 02 320 1556993 apindo kita tak larang demo 212 tapi jangan sweeping o8b3VpdUp1 jpg Ilustrasi buruh demo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menegaskan, para pengusaha tidak pernah melarang para buruh melakukan aksi demonstrasi hari ini.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, pengusaha memang tidak melarang para buruh berdemo. Namun, dia meminta agar para buruh tidak melakukan hal yang merugikan perusahaan, seperti sweeping buruh yang tidak mau ikut berdemo.

"Bukan melarang, cuma kita minta jangan merugikan perusahaan. Terus yang kita minta, jangan ada memaksa demo dengan sweeping, intinya jangan ganggu produksi lah," jelas dia kepada Okezone di Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Hariyadi sebelumnya telah meminta kepada para buruh agar melakukan demo di luar jam kerja. Hal itu dilakukan untuk memastikan agar pabrik tetap memproduksi dan menghasilkan keuntungan.

"Mereka yang demo itu sedang di luar shift. Mungkin hanya sedikit yang bolos. Cuma kami minta jangan merugikan, lalu dimobilisir buruh suruh bolos. Kalau tidak mau pabriknya ditutup. Itu kan tidak benar," imbuhnya.

Kendati begitu Hariyadi mengaku belum menemukan laporan oknum buruh yang melakukan sweeping. Hal itu juga lantaran sebelumnya Apindo telah melakukan komunikasi kepada para buruh.

"Alhamdulillah belum ada. Kita sudah warning kepada penggalang masanya, dan kita minta pekerja kita agar menghormati profesionalitas," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini