Image

Demo 212, Omzet Pedagang Pusat Perbelanjaan Turun 30%

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 13:08 WIB
https img z okeinfo net content 2016 12 02 320 1557088 demo 212 omzet pedagang pusat perbelanjaan turun 30 MfVK2f1Ndy jpg Ilustrasi demo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari ini aksi demo kembali digelar di Jakarta dengan nama demo 212. Namun, aksi demo tersebut terpecah karena perbedaan tujuan demo. Massa yang berkumpul di bilangan monas melakukan aksi damai dengan menggelar salat Jumat bersama. Akan tetapi, di saat yang sama buruh juga melakukan demo meminta kenaikan upah.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani meyakini aksi damo tidak akan mengganggu aktivitas ekonomi. Akan tetapi sebagian para pengusaha ritell diperkirakan akan terkena dampaknya. Khususnya pusat-pusat perbelanjaan yang dekat dengan lokasi aksi.

"Kalau pengusaha di pabrik itu tidak masalah, yang jadi problem itu di ritel. Takutnya orang tidak mau keluar rumah, tidak mau belanja," tuturnya saat dihubungi Okezone, Jumat (2/12/2016).

Menurut catatan Hariyadi, dampak negatif dari aksi damai terhadap pusat perbelanjaan sudah terasa pada aksi demo sebelumnya di 4 November kemarin. Di mana pusat perbelanjaan dalam rentang jarak 10 km dari lokasi aksi mengalami penurunan omzet hingga 30%

"Bayangkan 30%, itu lumayan. Kalau yang saat ini kita belum bisa perkirakan," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini