Image

Demo 212, Mentan Bahas Pangan di Rumah Darmin

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 13:36 WIB
https img k okeinfo net content 2016 12 02 320 1557133 demo 212 mentan bahas pangan di rumah darmin 0iHu3K4aow jpg Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman hari ini menyambangi rumah dinas Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution. Amran tiba bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Menurut Amran, salah satu topik yang dibahas dalam rapat kali ini adalah mengenai harga acuan pangan. Hanya saja, Amran tidak merinci secara sektor apa yang dibahas secara detail dari harga acuan pangan yang telah ditetapkan. Hingga berita ini diturunkan, rapat masih berlangsung.

"Kita bahas floor price dan ceiling price untuk jagung, padi, beras, kedelai, bawang, sapi, dan gula," tutur Amran saat di Rumah Dinas Darmin Nasution, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2016).

Seperti diketahui Kementerian Perdagangan hari telah merilis daftar lengkap harga tujuh komoditas pangan yang ditetapkan dengan harga batas bawah dan atas. Setelah melakukan konsolidasi internal, pemerintah telah menetapkan peraturan baru yang berisi penetapan tujuh komoditas pangan, yaitu beras, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabai, dan daging sapi.

Penetapan tujuh komoditas pangan ini tertuang dalam Permendag Nomor 63/M- DAG/PER/09/2016 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Penetapan ini sekaligus sebagai tindak lanjut amanat Perpres No. 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini