Image

Harga Cabai Naik, Pemerintah Akan Lakukan Impor?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 320 1557461 harga-cabai-naik-pemerintah-akan-lakukan-impor-ZQHq6EGnMM.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga cabai mengalami lonjakan yang cukup tinggi pada November lalu. Adapun harga cabai merah mengalami kenaikan rata-rata hingga 21,2% dengan andil terhadap inflasi mencapai 0,16%.

Hanya saja, menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, harga cabai masih cukup stabil dibandingkan 3 hingga 4 tahun yang lalu yang pada saat itu rata-rata harga cabai mencapai Rp70 ribu per kg.

"Kita lihat bukan tidak ada cabai, tapi beda. Sekarang harga cabai Rp60 ribu sampai Rp65 ribu. Harga paling tinggi itu Rp70 ribuan. Kira-kira 3 sampai 4 tahun yang lalu," kata Darmin saat ditemui di kediamannya, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Menurut Darmin, pemerintah pun akan sangat berhati-hati melihat kenaikan harga ini. Sebab, kemungkinan terdapat permainan dari para pedagang untuk menaikkan harga cabai di pasaran.

"Kalau dia masih bergerak lagi kita pasti akan lihat, artinya bukan petani tidak boleh naikkan harga, boleh. Tapi kita hati-hati dengan yang memainkan harga," jelasnya.

Apabila harga cabai masih terus melonjak, maka bukan tidak mungkin pemerintah akan melakukan impor cabai. Hanya saja, keputusan ini masih akan dibahas kembali setelah melihat volatilitas harga cabai dalam beberapa waktu yang akan datang.

"Tidak selalu ada, tapi bisa ada (impor). Ini sudah mendekati harga tertinggi yang sudah ada. Tapi kita cek juga di negara tetangga," tutupnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini