Image

Menko Darmin: Harga Beras Stabil, Orang Lebih Senang Tanam Padi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 17:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 02 320 1557468 menko-darmin-harga-beras-stabil-orang-lebih-senang-tanam-padi-gDee6IAN4X.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras kualitas premium pada November lalu mengalami kenaikan mencapai 1,37% atau mencapai Rp9.257 per kg. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada beras kualitas medium dan kualitas rendah.

Beras kualitas medium naik sebesar 0,77% menjadi Rp9.050 per kg, sedangkan beras kualitas rendah naik 0,4% menjadi Rp8.632 per kg.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, kenaikan harga beras ini masih dalam kategori yang cukup stabil. Hal ini disebabkan karena cuaca yang saat ini mendukung para petani.

"Beras itu sebenarnya, enggak (naik). Beras harganya kalau dia bilang beras premium bedanya dengan November tahun lalu hanya Rp50, sedangkan beras termurah malah turun Rp100. Kalau beras, beras itu, dia relatif cocok dengan cuaca ini," tutur Darmin di kediaman dinasnya, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Menurut Darmin, cuaca dalam beberapa bulan terakhir merupakan waktu yang tepat bagi petani untuk melakukan proses penanaman. Utamanya adalah pada lahan tadah hujan.

"Kenapa demikian, sawah kita itu kan yang sebagian besar itu 40% telah teririgasi. Kalau hujan 60% lahan yang lainnya bisa ditanami. Beda dengan kemarau. 50% itu enggak bisa ditanami. Beda dengan jagung, enggak perlu air tergenang tapi harus basah lahan lainnya itu sudah cukup," ungkap Darmin.

Untuk itu, saat ini para petani lebih memilih untuk menanam padi pada lahan yang dimiliki. Hal ini pun dapat kembali menekan harga ketika telah memasuki musim panen raya pada beberapa bulan mendatang.

"Tapi orang lebih senang tanam padi. Jadi ya enggak sesederhana itu harga beras. Lalu Kita enggak pernah hilang naik atau turun. Tapi dia stabil saja. Bahkan dibandingkan November tahun lalu stabil saja," tutupnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini