Image

Mau Jakarta Jadi Kota Pejalan Kaki? Ini yang Harus Dilakukan

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 11:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 02 470 1556952 mau-jakarta-jadi-kota-pejalan-kaki-ini-yang-harus-dilakukan-1ljPdYzrsQ.jpg Ilustrasi (okezone)

JAKARTA - Padatnya Kota Jakarta dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, membuat Jakarta dinilai masih belum ramah terhadap pejalan kaki.

Executive Director Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto mengatakan, untuk mencapai predikat kota yang ramah pejalan kaki, ada beberapa yang perlu dilakukan salah satunya mengubah banyak peruntukan lahan maupun bangunan.

"Bagaimana pun juga kalau memang mengubah dari kota yang penuh dengan kendaraan dari kota yang pejalan kaki harus mengubah banyak peruntukan ya, kalau mau jadi kota pejalan kaki poin-poin of steps-nya itu harus lebih banyak," ujar Wendy kepada Okezone.

Wendy mengatakan, kemudian untuk menajdikan kota pejalan kaki, sejumlah fasilitas umum juga perlu diperhatikan seperti area parkir kendaraan pribadi.

"Mesti harus banyak tempat parkir untuk yang dari luar kota, misalnya rumahnya di Bogor terus sampai titik mana dari situ orang naik kendaraan umum atau jalan kaki, poin-poin yang kaya gitu mesti ada," katanya.

Selain tempat parkir, tambah Wendy, fasilitas sepeda umum juga harus ada di tiap sudut kota. "Terus tempat sepeda dan tempat mandi, kaya gitunya mesti ada, berubah masterplan-nya step ke sananya itu panjang butuh pengetahuan lebih dalam mengenai kita punya mobilty punya social life," tambah Wendy. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini