Image

70% Anggota REI Turut Bantu Program Satu Juta Rumah

Agregasi Jum'at 02 Desember 2016, 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 02 470 1557055 70-anggoa-rei-turut-bantu-program-satu-juta-rumah-8IDMWml6gV.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Real Estat Indonesia (REI) turun tangan membantu Program Satu Juta Rumah yang dicetuskan pemerintah. Buktinya, 70 persen anggota REI merupakan pengembang Rumah Sejahtera Tapak (RST).

“Kami mendukung pemerintah mencanangkan Program Sejuta Rumah hingga Oktober (2017). Jumlah tersebut terus meningkat. Kebijakan tersebut mendapat dukungan subsidi FLPP, terutama bagi masyarakat berpenghasilan Rp3 juta sampai Rp4 juta,” ujar Eddy Hussy.

Terkait regulasi perizinan yang masih direvisi pada PKE XIII, REI mendorong agar segera diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum bagi para pengembang properti.

"Penyederhanaan izin untuk pembangunan rumah MBR oleh pemerintah tentu harus diapresiasi dengan baik. REI mendorong Peraturan Pemerintah yang akan menjadi payung hukum agar segera dikeluarkan,” katanya.

Sementara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyesalkan masih adanya deregulasi perizinan. Sebelumnya terdapat 33 izin, sekarang ini dipangkas jadi 11 izin. Kemudian, mengurus perizinan yang dulunya membutuhkan waktu 700-900 hari, saat ini hanya 40 hari kerja sudah terselesaikan.

"Kalau sudah ditetapkan sebagai kawasan permukiman ya tidak perlu Amdal lagi. Itu izin gangguan dulunya dibuat aturan oleh Belanda dan di Belanda sudah dihapus. Tapi, di sini malah belum," katanya menyesalkan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini