nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Siapkan Rp5,35 Triliun di Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 10:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 06 320 1559732 jelang-natal-dan-tahun-baru-bi-siapkan-rp5-35-triliun-di-papua-5gQaIFxPbR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAYAPURA - Penuhi kebutuhan uang masyarakat Papua, jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Papua siapkan dana sebesar Rp5,35 triliun

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Papua, Joko Supratikto mengatakan, nominal tersebut, sebagian sudah standby di Bank Indonesia.

"Sejumlah Rp1,45 triliun saat ini sudah tersedia di Bank Indonesia, sementara Rp3,9 triliun lagi baru akan datang dibulan Desember ini, totalnya Rp5,35 triliun, nah ini kita siapkan untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat Papua jelang Natal dan Tahun Baru 2017, karena biasanya kebutuhan uang masyarakat disaat itu akan meningkat signifikan," ungkap Joko, Selasa (6/12/2016).

Selain itu, ungkap Joko, untuk memudahkan pelayanan transaksi masyarakat, pihaknya juga menyiapkan kas keliling, yang disebar di beberapa Kabupaten/Kota di Papua.

"Kita siapkan layanan kas keliling, nah untuk kas keliling kita siapkan di Kabupaten/kota yang tidak terdapat kas titipannya. Itu sudah menjangkau 26 Kabupaten/Kota di Papua. Untuk kota Jayapura diadakan tiap Senin dan kamis, sedang untuk penukaran uang lusuh Hari Rabu, yang tersebar dibeberapa titik di Kota Jayapura," paparnya.

Sementara, untuk kas titipan, dikatakannya, dari Rp5,35 triliun dana yang disiapkan, Rp400 miliar disebar ke empat kantor kas titipan

"Untuk kas titipan ada di Kabupaten Biak, Timika, Sorong Papua Barat, dan Kabupaten Merauke. Ini juga kita lakukan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi, baik penukaran uang lusuh, juga sebagai kebutuhan uang layak edar perbankan," katanya.

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Papua juga akan membuka loket untuk melayani permintaan uang baru dan pecahan kecil, yang akan mulai dibuka pada minggu kedua bulan Desember ini.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini