nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Sebut Anggaran Pendidikan Investasi Jangka Panjang

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 14:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 06 320 1560016 sri-mulyani-sebut-anggaran-pendidikan-investasi-jangka-panjang-FMXydaYKne.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayani. (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Anggaran pendidikan di Indonesia dalam APBN 2017 terbilang cukup tinggi. Demi menciptakan pendidikan yang berkualitas, pemerintah pun mengucurkan anggaran pendidikan hingga mencapai 20% dari total APBN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap bahwa anggaran ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Sebab, hal ini merupakan salah satu wujud investasi dalam jangka panjang.

"Anggaran pendidikan kita kan meningkat sangat tajam, sekarang ini fokus mengenai anggaran pendidikan adalah kepada kualitas dan efektivitasnya," kata Sri Mulyani di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Selain itu, dana ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia kepada negara-negara lainnya. Dengan begitu, dana ini dana ini dapat digunakan secara produktif.

"Tentu perlu adanya berbagai macam pemikiran menggunakan 20% itu untuk investasi atau belanja-belanja yang memang memiliki pengaruh yang sangat nyata dan terukur dari sisi perbaikan kompetitiveness dan inovasi di Indonesia apakah itu dalam bentuk research dan teknologi yang seperti sebetulnya sudah dilakukan di menteri ristek dalam hal ini," tuturnya.

Terkait dengan pertanggungjawaban anggaran, Sri Mulyani pun akan memangkas birokrasi sesuai harapan Presiden Joko Widodo. Sebab, selama ini anggaran tersebut selalu menjadi beban pertanggungjawaban bagi para guru dan kepala sekolah di setiap daerah. "Ada birokrasi yang dia sudah punya anak cucu. Itu akan kami bahas dengan pemerintah daerah," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini