Persiapkan Keuangan Sebelum Istri Berhenti Kerja

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 11 Desember 2016 06:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 320 1563009 persiapkan-keuangan-sebelum-istri-berhenti-kerja-jHUWOs3gEQ.jpg Ilustrasi : Halo Money

JAKARTA - Perempuan yang ditakdirkan menjadi seorang istri kadang harus mengalah. Ya, ketika dipinang lelaki pujaan, perempuan acap kali harus rela meninggalkan karirnya.

Meskipun ada juga pria yang mengizinkan istrinya tetap bekerja, namun, memiliki persiapan tabungan tidak ada salahnya. Sehingga ketika anda tidak bekerja lagi, ada dana tambahan untuk keluarga anda.

Perencana Keuangan Freddy Pieloor menyarankan, persiapkan sematang mungkin saat anda memutuskan untuk berhenti bekerja. Pasalnya, pendapatan yang sebelumnya berasal dari dua sumber yakni suami dan istri akan berkurang.

"Biasanya ada dua gaji, lalu sekarang jadi satu gaji untuk biaya hidup otomatis pengeluaran akan terasa besar," kata dia kepada Okezone.

Selain pertimbangan matang, Anda juga harus menabung. Sisihkan uang dari pendapatan anda setiap bulannya khusus untuk persiapan saat tidak bekerja lagi.

Bisa juga bagi anda pengantin baru, tidak terburu-buru memiliki momongan. Ada baiknya jika setelah menikah mempersiapkan anggaran bagi anak, dengan begitu ketika dikaruniai anak sudah ada tabungan tersendiri.

"Bukannya menganjurkan untuk menunda anak, tapi paling tidak harus direncakan dulu, apalagi nanti kalau setelah mempunyai anak istri tidak bekerja," cetus dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini