Di Jepang, Kantor Pos Tempat untuk Menabung

Raisa Adila, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2016 15:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 09 320 1563015 di-jepang-kantor-pos-tempat-untuk-menabung-gjAiw0WNj0.jpg Kantor Pos. (Foto: Okezone)

NUSA DUA - Pemerintah Jepang ternyata sudah sejak lama memanfaatkan kantor pos sebagai sarana memperdalam inklusi finansial. Tercatat sudah sejak 1979 kantor pos dimanfaatkan untuk menabung dan menyimpan dana pensiun.

Dekan Asian Development Bank Institut (ADBI) Naoyuki Yoshino mengatakan, pada awalnya di Jepang tidak ada tradisi untuk menyimpan investasi masa depan. Namun, Hisoka Maejima mulai memperkenalkan tabungan di kantor pos.

"Dulu investasi di rumah tangga masih rendah. Tapi di sisi lain pemuka agama Budha tidak setuju untuk mempromosikan tabungan di kantor pos," kata Yoshino di Hotel Hilton Nusa Dua, Jumat (9/12/2016).

Akhirnya, Jepang memutuskan untuk mempromosikan kebiasaan menabung di pendidikan sekolah dasar. Semenjak itu, tren menabung mulai tinggi di Jepang.

Dia juga menjelaskan, alasan Jepang memilih kantor pos sebagai sarana untuk menabung. Alasan pertama yaitu akses yang mudah dan dekat dengan masyarakat. Bahkan, dia mengatakan, biaya transaksi juga cukup murah dan pelayanan kantor pos juga dapat diakses menggunakan ponsel.

"Sebab ada 24.700 cabang kantor pos di Jepang. Kemudian, ramah karena orang mengunjungi kantor pos tidak perlu menggunakan baju yang formal," kata dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini