Pentingnya Punya Tabungan Khusus

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 12 Desember 2016 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 320 1563022 pentingnya-punya-tabungan-khusus-VqdENhq4bY.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Menikah, liburan ke luar negeri, pendidikan jenjang tinggi hingga perjalanan Ibadah merupakan rencana janga panjang yang kerap masuk dalam daftar setiap orang. Disebut jangka panjang, lantaran biayang yang diperlukan untuk hal di atas terbilang tidak sedikit.

Sudah tentu, Anda harus memiliki tabungan tersendiri agar impian tersebut terlaksana. Untuk itu, penting sekali memiliki sebuah tabungan khusus. Sebut saja, tabungan yang disediakan guna mencapai impian.

Contohnya tabungan khusus pernikahan. Biaya yang tidak sedikit mengharuskan calon pengantin menabung dari jauh hari.

"Tabungan khusus ini penting bila kita mnganggap hal tersebut penting," kata Perencana Keuangan Andy Nugroho kepada Okezone.

Karena tujuannya adalah cita-cita atau impian, perlu waktu dan kesabaran ekstra dalam mengumpulkan tabungan khusus. Misal untuk Ibadah Haji atau Umroh, paling tidak butuh dua sampai tiga lima tahun.

"Yang musti haru jadi perhatian adalah persiapan yang dilakukan untuk jangka panjang, jadi butuh kesabaran dalam menjalaninya," tambah dia.

Untuk tabungan khusus ini, Anda bisa menyisihkan 10% dari pendapatan setiap bulan. Sedikit demi sedikit asalkan sabar, pasti tabungan khusus ini berguna suatu saat.

"Paling enggak disisihkan 10% dari penghasilan rutin," tukasnya.  

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini