nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Bantuan Gempa Aceh Dipukul Rata Rp40 Juta per Rumah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2016 18:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 16 470 1568705 alasan-bantuan-gempa-aceh-dipukul-rata-rp40-juta-per-rumah-yEMJ4gWAo2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah telah mulai menyiapkan bantuan dana untuk setiap rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Aceh beberapa waktu lalu. Dana bantuan ini dikoordinir langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei.

Menurut Willem, setiap rumah yang terkena gempa akan memperoleh bantuan sebesar Rp40 juta per rumah. Besaran bantuan ini berlaku untuk setiap rumah yang mengalami kerusakan.

"Kalau kita bangunkan kembali rumah yang rusak kan ada unsur tidak adil. Jadi kita berikan rata Rp40 juta per rumah. Nanti dengan Rp40 juta dia bisa membangun," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Saat ini, lanjutnya, telah terdapat 347 rumah sudah di verifikasi yang siap menerima bantuan. Hanya saja, masih terdapat sekira 8 hingga 11 ribu rumah yang masih akan dilakukan pendataan sebelum menerima bantuan.

Proses penerimaan bantuan pun harus menunggu surat keputusan (SK) dari pimpinan daerah. Kendala psikologis pun hingga saat ini masih terus diatasi sebelum melakukan pembangunan rumah terhadap korban gempa.

"Oleh karena itu sesuai perintah Bapak Presiden, pembangunan harus dilakukan secara secepat-cepatnya. Dapat 1, di SK-kan 1 bupati langsung kita kasih uang dia bangun cepat. Tapi ada kendala psikologis. Kita bangun lagi ada gempa lagi, roboh lagi. Tapi sebenarnya bisa atasi dengan baik," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini