nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fokus Pembiayaan Rumah, BTN Bidik Segmen Keluarga

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 19 Desember 2016 11:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 19 470 1570054 fokus-pembiayaan-rumah-btn-bidik-segmen-keluarga-PLIVZ5sKPj.jpg Ilustrasi: Shutterstock

MEDAN - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) membidik segmen keluarga untuk dijadikan nasabah tabungan. Potensi yang sangat besar dari keluarga untuk dijadikan nasabah membuat BTN optimistis bisa meningkatkan perolehan dana pihak ketiga (DPK).

”Kenapa keluarga yang kami bidik, karena sesuai dengan fokus BTN untuk pembiayaan perumahan. Maka yang membutuhkan rumah adalah keluarga dan dalam keluarga di dalamnya termasuk anak-anak muda yang juga cikal-bakal menjadi keluarga,” ujar Direktur Consumer Banking BTN Handayani usai penarikan hadiah program undian Serba Untung (Serbu) dari Tabungan Batara di Medan, Sumatera Utara.

Handayani mengatakan, BTN akan terus menggenjot perolehan dana murah melalui tabungan, untuk itu pihaknya akan melakukan berbagai strategi guna mengakuisisi segmen keluarga menjadi nasabah BTN. Salah satunya mengadakan program bundling bekerja sama dengan operator telekomunikasi, perusahaan travel, hotel, dan pusat perbelanjaan.

”Bagi keluarga yang mengajukan permohonan kredit pemilikan rumah (KPR), maka otomatis mereka menjadi nasabah tabungan BTN. Selain itu, kita membidik nasabah keluarga lainnya dengan menawarkan nilai tambah berupa gimmick-gimmick yang menguntungkan,” jelasnya.

Menurut Handayani, berbagai strategi tersebut telah membuahkan hasil bagi peningkatan DPK BTN. Hal ini bisa terlihat dari pertumbuhan DPK BTN yang rata-rata meningkat 7% dibandingkan pasar yang pertumbuhannya negatif.

”Salah satu keberhasilan program undian Serbu Tabungan Batara adalah peningkatan number of account (jumlah rekening) yang tumbuh 18%,” tambahnya.

Handayani mengungkapkan, program undian Serbu kali ini berbeda dengan program sebelumnya. Pasalnya, pada periode ini program hadiah Serbu digelar per regional. Sehingga, kesempatan untuk memenangkan hadiah secara merata semakin besar.

”Harapannya agar para pemenang program undian Serbu ini bisa menjadi provokator yang positif, dengan mengajak saudara, kawan dan rekan kerjanya untuk bergabung menggunakan fasilitas program tabungan Batara BTN,” ungkapnya.

Di sisi lain, Handayani mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai menunjukkan perbaikan pada September 2016, juga terjadi hingga ke beberapa daerah termasuk di Kota Medan, Sumatera Utara. Di Sumatera Utara, ekonomi tumbuh di level 5,1% secara tahunan atau year on year (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi secara nasional yang sebesar 5,04% yoy.

Angka pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara yang lebih baik tersebut, menjadi peluang bagi BTN untuk meningkatkan penghimpunan simpanan dari masyarakat. Kepala Cabang BTN Medan Slamet Purwadi mengatakan, program undian Serbu BTN memiliki dampak positif untuk menambah jumlah nasabah BTN di Kota Medan. Terbukti, hingga saat ini pertumbuhan angka nasabah baru di BTN Medan meningkat sampai 300%.

”Target account atau nasabah kita sudah berlebih, sudah tumbuh 300%. Apalagi, kita juga ada program lain yakni program Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel). Sedangkan, target pertumbuhan dana di BTN Medan sebesar Rp 400 miliar dan sudah tercapai 90%. Kita optimistis target itu tercapai sampai akhir tahun ini,” katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini