Image

Banyak Proyek, KAI Siapkan Belanja Modal Rp7,5 Triliun di 2017

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2016, 14:56 WIB
https img k okeinfo net content 2016 12 27 320 1576609 banyak proyek kai siapkan belanja modal rp7 5 triliun di 2017 BFN50WSfdJ jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berupaya memberikan pelayanan infrastruktur yang memandai di bidang perkeretaapian di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut dana senilai Rp7,5 triliun digelontorkan. Dana tersebut diperuntukkan pengembangan jalur dan peremajaan kereta.

"Kredit transaksi khusus ini merupakan pembiayaan untuk investasi PT KAI ke depan. Jadi ke depan itu, kita ada capex sekitar Rp7,5 triliun dan itu untuk pembiayaan penugasan dari pemerintah, kata Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo di Plaza Mandiri Jakarta Selatan, Selasa (27/12/2016).

Dia mengungkapkan, penugasan pemerintah untuk PT KAI ke depan cukup banyak. Sehingga butuh upaya yang serius dalam merealisasikan penugasan yang diberikan oleh pemerintah.

"Ada kereta api bandara, semester II tahun 2017 harus sudah beroperasi, LRT di Palembang 2018 untuk menyambut ASEAN Games, LRT di Jabodebek antara Cibubur-Cawang-Dukuh Atas itu perpresnya juga sudah ada, jadi penugasan ke PT KAI," imbuhnya.

Dalam hal itu, lanjut Didiek, PT KAI bertindak sebagai operator. Menurutnya sebagai operator PT KAI harus berinvestasi di dalamnya. "Untuk operator ini kan kita harus berinvestasi di sarana perkeretaapian, rolling stocknya. Jadi ini untuk pengembangan investasi," ujarnya .

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini