Taspen Akuisisi Saham PT Pos

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 29 Desember 2016 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 29 320 1578423 taspen-akuisisi-saham-pt-pos-cWWa9QfJtZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Taspen (Persero) mengambil alih kepemilikan saham PT Pos Indonesia (Persero) di PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap).

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, dengan resminya aksi korporasi tersebut, perseroan ke depan dapat meningkatkan kredit pensiun melalui layanan yang mudah dan biaya yang rendah.

”Selain itu, transaksi ini dapat membawa Taspen melangkah maju untuk membentuk Taspen incorporated,” kata Iqbal di Jakarta.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola dana pensiunpegawainegeri sipil(PNS) ini mengambil alih sebanyak 202 juta saham yang sebelumnya dipegang PT Pos di Bank Mantap. Dengan demikian, porsi saham milik Taspen di Bank Mantap pun naik menjadi sebesar 20,2%.

Kesepakatan ini dilakukan setelah Taspen mendapatkan persetujuan dari Kementerian BUMN dan Dewan Komisaris Utama Taspen. Dalam merealisasikan pengambil alihan aset PT Pos di Bank Mantap, kata Iqbal, perseroan mengalokasikan investasi sebesar Rp324 miliar.”Denganperjanjianjual beli saham ini, kepemilikan saham Taspen di Bank Mantap meningkat menjadi lebih dari 40%,” jelasnya.

Lebih lanjut Iqbal menyatakan, keputusanperseroanmengakuisisi saham yang sebelumnya dimiliki PT Pos tersebut tidak lepas dari kinerja positif yang berhasil dicatatkan Bank Mantap. Taspen juga melihat potensi yang akan menjadi investasi menguntungkan bagi perseroan.

”Potensi bisnis Bank Mantap masih terbuka, iniakanmenjadiinvestasiyang menguntungkan bagi Taspen dalam jangka panjang,” jelas dia. Sementara, Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahju Setijono mengatakan, langkah perseroan melepas saham di Bank Mantap yaitu sebagai upaya untuk melakukan pembenahan bisnisnya.

”Lini bisnis PT Pos sendiri memang bukan diperbankan, untuk itu kami tengah fokus melakukan pembenahan bisnis,” kata Gilarsi. Melalui kesepakatan ini, Bank Mantap juga diharapkan mampu meningkatkan kerja dan layanan yang konsisten sehingga menjadi prioritas dan pilihan utama bagi PNS aktif maupun yang telah melalui masa pensiun.

Bank Mantap juga berkomitmen untuk mewujudkan inovasi produk dan layanan yang memudahkan nasabah perseorangan ataupun bagi aspek usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengakses kredit dan pinjaman lainnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini