nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BKPM: Wajar kalau Investor Bawa Tenaga Kerja Asing

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2017 20:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 04 320 1583396 bkpm-wajar-kalau-investor-bawa-tenaga-kerja-asing-fWDGZORL2d.jpg Kepala BKPM Thomas Lembong (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai wajar bila investor membawa tenaga kerja asal negaranya. Pasalnya, investor telah mempercayakan uang triliunan untuk diinvestasikan di Indonesia.

"Kita meminta investor pertaruhkan triliunan rupiah ke kita, jadi wajar kalau mereka kirim orang untuk menjaga triliunan rupiah yang diinvestasi ke kita," kata Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong di Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2017).

Dia mengakui adanya kecemburuan sosial dari hadirnya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. Namun baginya, investor asing yang masuk akan membuka lapangan kerja di sekitar lokasi investasi.

Ada dampak lain dari hadirnya investor, kata Lembong. Ketika membangun pabrik, lanjutnya, pasti dibutuhkan kantin hingga seragam karyawan yang bisa dimanfaatkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dia juga meyakini keberadaan TKA membuka lapangan kerja bagi pekerja lokal. Dari satu TKA yang masuk ke Indonesia, akan menciptakan pekerja lokal sebanyak tiga hingga sembilan orang.

"Jadi data-data BKPM itu sangat jelas menunjukkan bahwa lapangan kerja yang diciptakan dari investasi (asing) itu jauh lebih besar dari tenaga kerja lokal daripada TKA," tukasnya.

(rai)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini