nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSPI: Data Kemenaker TKA China Bukan Unskill Worker

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2017 14:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 05 320 1583989 kspi-data-kemenaker-tka-china-bukan-unskill-worker-vXQsaQCDRf.jpg Ilustrasi tenaga kerja asal China. (Foto: Guardian)

JAKARTA - Permasalahan Tenaga Kerja Asing (TKA) belum menemukan penyelesaian. Pasalnya, data mengenai TKA yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan asosiasi ketenagakerjaan seperti KSPI masih berbeda.

Menurut KSPI, data yang mereka miliki diperoleh dari penelusuran dan pengaduan masyarakat ada ratusan ribu TKA China, khususnya yang tidak memiliki keterampilan, sedangkan data dari Kemenaker hanya 21.000 jiwa.

Ketua KSPI Said Iqbal menganggap, perbedaan data KSPI dan Kemenaker karena data yang dimiliki Kemenaker pasif. Selain pasif, data Kemenaker dinilai juga hanya TKA yang memiliki keterampilan atau skill worker.

"Sedangkan yang kita permasalahkan adalah TKA China yang unskill worker yang tidak ada data resminya, dan data KSPI adalah data dari lapangan," ungkapnya di Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Selain itu, dia menganggap data skill worker yang dikeluarkan oleh Kemenaker kurang pas. KSPI menganggap jika Menaker tidak mengerti permasalahan TKA unskill worker. "Menaker lebay, ngawur dan tidak mengerti masalah," tuturnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini