nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Distribusi di Papua, Program Jembatan Udara Siap Diimplementasikan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2017 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 05 320 1584291 demi-distribusi-di-papua-program-jembatan-udara-siap-diimplementasikan-8Hwwgj59qS.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Antara)

JAKARTA - Setelah program tol laut, pemerintah telah menyiapkan program jembatan udara. Pada program ini, daerah-daerah terpencil ditargetkan akan dapat terhubung dengan melalui pesawat udara.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, program ini akan diprioritaskan untuk daerah Papua. Sebab, selama ini program tol laut tak mampu menjangkau distribusi barang hingga ke pegunungan.

"Di sisi lain barang yang dikirimkan ke Timika Papua hanya sampai di situ, tidak disampaikan ke pegunungan, oleh karena itu mulai tahun ini kita buat jembatan udara yang distribusikan langsung ke kota kecil di sana," kata Budi Karya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Terdapat lebih dari 12 titik yang akan menjadi target pada program ini. Hanya saja, masih terdapat beberapa kendala yang harus diselesaikan. Di antaranya terbatasnya jam terbang di pegunungan Papua karena kabut dan kendala cuaca.

"Tercatat lebih dari 12 titik yang kita lakukan sehingga kebutuhan pokok di Jaya Wijaya (tercukupi), harga akan turun," jelasnya.

Berbagai program transportasi ini nantinya juga akan menjadi program prioritas pada pemerintah. Sekalipun ada penghematan anggaran, program ini tetap akan dijalankan.

"Jadi kita lihat dulu kalau tidak mencapai target itu maka ada efisiensi dan pengadaan sekian yang bisa dihemat," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo pada kesempatan yang sama.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini