Ketidaksiapan Industri Pengolahan Hambat Hilirisasi Komoditas Rumput Laut

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 10 320 1587587 ketidaksiapan-industri-pengolahan-hambat-hilirisasi-komoditas-rumput-laut-lgb7gD6Hmp.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menilai ketidaksiapan industri pengolahan bahan baku menjadi hambatan hilirisasi komoditas rumput laut di Indonesia. Pasalnya, keterbatasan tersebut membuat penyerapan rumput laut lokal sangat minim.

Ketua ARLI Safari Azis mengatakan, pemerintah harus menyiapkan industri pengolahan secara matang bila ingin mendorong hilirisasi komoditas rumput laut. Kalau tidak, rumput laut lokal tidak akan terserap dengan baik.

"Kalau mau mendorong tumbuh kembang industri dalam negeri dan mendapat nilai tambah harus dibuat persiapan secara matang terutama dalam hal daya saing dan pasar karena pasar rumput laut dan hasil olahannya lebih banyak di luar negeri," kata dia di Gedung Kadin, Selasa (10/1/2017).

Di sisi lain, industri formulasi di Indonesia juga masih minim. Padahal sebelum masuk ke industri suatu produk, rumput laut harus terlebih dahulu diolah dalam industri formulasi.

Menurutnya, industri formulasi dan industri pengguna banyak terdapat di luar negeri. Untuk itu, dia berharap pemerintah mendukung ekspor rumput laut mengingat bahan mentah rumput laut di Indonesia melimpah.

"Penyerapan dalam negeri rendah, sementara produksi rumput laut kita melimpah, seharusnya pemerintah tidak membatasi atau mengenakan bea keluar ekspor bahan baku rumput laut," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini