Image

Indonesia Kaya SDA, Tapi kenapa Belum Sejahterakan Masyarakat?

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 11 20 1588507 indonesia-kaya-sda-tapi-kenapa-belum-sejahterakan-masyarakat-sZM864qVey.jpg Foto: Dok Okezone.

JAKARTA - Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Namun, dengan mengandalkan SDA saja tidak bisa membuat Indonesia menjadi negara yang sejahtera.

Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk memperkuat daya saing SDA yang melimpah tidak cukup. Indonesia harus punya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang bisa mengelola SDA dengan baik.

"Kalau kita bicara soal inovasi kita melihat dua hal, yakni SDA dan SDM, bicara SDA tentu tak jadi keraguan bahwa Indonesia kaya, namun selalu jadi pertanyaan kenapa hanya SDA yang berlimpah, namun belum bisa menyejahterakan sebagian masyarakat kita," kata dia di kantornya, Rabu (11/1/2017).

Salah satu penyebab SDA tidak bisa menyejahterakan rakyat adalah karena adanya kemiskinan, ketimpangan dan ketidakstabilan ekonomi.

Artinya, lanjut dia, kalau hanya terpaku pada SDA dan eksplorasi dan eksploitasi kesejahteraan yang dirasakan masyarakat hanya bersifat sementara.

"Sering dilupakan kejadian yang menguntungkan itu hanya bersifat sangat sementara. Karena harga SDA apakah bahan tambang dan hasil perkebunan akan fluktuatif. Suatu saat bisa tinggi dan suatu saat bisa rendah," tukasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini