Image

Dana Repatriasi Masih Minim, Pemerintah Siap Cari Jalan Keluar

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 11 20 1589159 dana-repatriasi-masih-minim-pemerintah-siap-cari-jalan-keluar-Ea9dnnmNAJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berdasarkan laporan realisasi repatriasi dari 21 bank gateway, hingga 31 Desember 2016 telah masuk dana repatriasi sebesar Rp112,2 triliun. Sayangnya jumlah dana repatriasi masih di bawah komitmen repatriasi yang sebesar Rp141 triliun.

Menurur data Surat Pernyataan Harta (SPH) hingga 31 Desember 2016, komitmen repatriasi adalah sebesar Rp 141 triliun. Artinya masih ada selilih Rp29 triliun dana repatriasi yang belum masuk ke RI.

Mengenai hal ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sejatinya pemerintah sudah membuat aturan jelas mengenai dana repatriasi. Bahkan pemerintah juga melakukan sosialisasi dan kampanye.

Namun Darmin menyebut, pemerintah siap mencari jalan keluar agar dana repatriasi yang masuk sesuai dengan komitmen data SPH.

"Ya tergantung pra pengusahanya, kalau mereka ada yang tidak melaksanakan ya nanti kita cari jalannya," kata Darmin di kantornya, Rabu (11/1/2017).

Sayangnya Darmin masih enggan menyebutkan opsi yang mungkin diambil pemerintah. Hanya saja dia menekankan bahwa pajak memiliki kewenangan yang cukup besar.

"Ya kita akan mengaktifkan untuk membangun data base kita yang baik untuk mengetahui. kita sedang mengoordinasikan berbagai data yang ada di pemerintah. bukan hanya yang ada di Ditjen Pajak," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini