Share

Banyuwangi Masuk 10 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Murah

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 11 320 1588729 banyuwangi-masuk-10-daerah-dengan-biaya-hidup-paling-murah-Z8dDoB7r03.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Kabupaten Banyuwangi belakangan ini menjadi sorotan karena inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda). Salah satunya adalah izin pembangunan minimarket maupun supermarket di Banyuwangi.

Meski saat ini cukup tersohor, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengklaim daerahnya masuk 10 kabupaten dengan biaya hidup murah di Indonesia. Data tersebut berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS).

"Setiap tahun BPS mengeluarkan angka 10 Kabupaten dengan biaya hidup paling rendah, buat apa pendapatan tinggi, tapi inflasi tinggi, sistem distribusi barang enggak efektif, Banyuwangi sudah tiga tahun (masuk 10 Kabupaten biaya hidup rendah)," kata Azwar di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Menurutnya, percuma kalau suatu daerah memiliki pendapatan yang tinggi namun tingkat inflasinya juga tinggi. Dia meyakini rendahnya gaji pekerja di Banyuwangi tidak menjadi masalah karena biaya hidup di sana juga rendah.

"Banyuwangi jadi nomor satu biaya hidup paling rendah di Indonesia, PNS kami boleh tunjangan enggak sehebat Jawa Barat, tapi insya Allah bahagia karena gajinya juga tidak digerus inflasi tinggi," cetusnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini