Image

BPN dan KKP Bakal Tertibkan Kepemilikan Pulau

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 19:33 WIB
https img z okeinfo net content 2017 01 11 470 1589169 bpn dan kkp bakal tertibkan kepemilikan pulau cEzeiInRNg jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Guna mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan merapikan regulasi dan potensi pulau-pulau di Indonesia. Untuk itu, KKP bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan menertibkan kepemilikan pulau.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, saat ini yang terjadi adalah pulau yang dikuasai 100%. Hal ini juga karena pemerintah daerah memberikan izin.

“Itu yang terjadi, karena izin pulau selama ini pemda yang memberikan izin, sehingga ada pulau 10 hektare (ha) yang dikuasai karena diberi izin. Sebenarnya tidak ada yang salah, tapi bagaimana penataannya yang benar, jadi akan diberikan HPL (hak pengelolaan lahan). Misalnya di pulau itu ada mercuar, maka HPL akan diberikan kepada Kementerian Perhubungan, konversi penyu akan diberikan ke KKP, jadi tergantung fit yang mana. Supaya di tata, jai manfaatnya maksimum dan tidak terjadi abuse,” jelasnya di Jakarta, Rabu (11/1/2016).

Sofyan menambahkan, saat ini ada sekira 13.000 pulau di Indonesia yang tidak jelas statusnya. Oleh karena itu, pihaknya akan menata dan melakukan identifikasi pulau terkait status kepemilikannya.

“Tim saya ada dirjen tata ruang, di KKP ada dirjen pengelolaan ruang laut dan planalogi, nanti di identifikasi apa masalahnya, statusnya, mana saja yang sudah diberikan hak, maksimal 70%, karena 30% itu harus wilayah hijau,” tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini