Image

Daftar 7 Tantangan Ekonomi Dunia Sepanjang 2017

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 05:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 12 20 1589729 daftar-7-tantangan-ekonomi-dunia-sepanjang-2017-SAAWfv8Zym.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Eurasia Group mencoba menggambarkan kepada investor tantangan ekonomi dunia yang akan dihadapi selama 2017. Beberapa faktor mulai dari bank sentral AS the Fed hingga Rusia mewarnai tantangan global sepanjang 2017.

Berikut adalah beberapa tantangan ekonomi dunia di 2017, seperti dilansir Fortune.

1. China

Kalangan pebisnis elit dan partai China tengah mengalami ketakutan dan frustrasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan provokasi di Korea Utara, Laut China Timur, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan Laut China Selatan, semua memiliki potensi untuk membuat para pemimpin China bereaksi berlebihan.

"Presiden Xi akan sangat sensitif terhadap tantangan eksternal, mungkin akan lebih tegas dalam kebijakan luar negerinya," kata laporan Eurasia.

2. Jerman

Kebijakan pengungsi yang tidak memiliki dukungan, serangkaian krisis perusahaan yang melibatkan beberapa perusahaan besar Jerman seperti Volkswagen, Deutsche Bank, dan Lufthansa. Hal ini diproyeksi akan merusak kepemimpinan Angle Merkel.

"Eropa tidak akan membutuhkan kekuatan Merkel lagi," prediksi Eurasia.

3. Tidak adanya reformasi

Eurasia Group memprediksi pejabat politik negara maju dan berkembang akan menghindari reformasi sehingga menghambat tumbuhnya investasi.

4. Teknologi di Timur Tengah

Teknologi terbukti membuat ketidakstabilan politik di Timur Tengah. Energi, konektivitas, cyber, otomatisasi, memaksa adanya transparansi teknologi dan semua menjadi tantangan banyak pemerintah di kawasan itu, yang memiliki rezim otoriter.

5. Politik di bank sentral

Politisi menyalahkan bank sentral dalam kegaduhan politik dan ekonomi. Tetapi serangan ini merupakan risiko untuk pasar global pada tahun 2017.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini