Image

Natuna hingga Merauke Diyakini Jadi Sentra Ekonomi Baru di Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 14:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 12 20 1589754 natuna-hingga-merauke-diyakini-jadi-sentra-ekonomi-baru-di-indonesia-QYAsXG8KyA.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja dalam dua tahun terakhir telah fokus untuk mempercepat pembangunan kawasan pinggiran, termasuk kawasan Indonesia Timur. Program ini dicetuskan agar memperkecil gap ketimpangan daerah di Indonesia.

"Kita juga ingin pembangunan juga merata sehingga mengatasi kesenjangan antar wilayah terutama kawasan barat dengan kawasan timur Indonesia," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Menurut Jokowi, dengan pemerataan pembangunan daerah, maka daerah-daerah di perbatasan dapat menjadi sentra pertumbuhan ekonomi nasional. Jokowi meyakini, daerah-daerah seperti Natuna hingga Merauke mampu menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru jika pembangunan tetap gencar dilakukan.

"Saya yakin dengan pemerataan pembangunan antar wilayah maka daerah-daerah di wilayah pinggiran seperti Kepulauan Natuna bagian barat, Kepulauan Miangas di Utara, Merauke di sebelah timur sampai pulau Rute dan sekitarnya di sebelah selatan akan tumbuh menjadi sentra ekonomi baru. Sentra-sentra pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Untuk itu, Jokowi menegaskan agar TNI mampu beradaptasi dengan perbedaan corak pembangunan saat ini. Sebab, pembangunan tak lagi dilakukan secara Jawa sentris, melainkan Indonesia sentris.

"Saya juga menekankan agar TNI lebih siap untuk menghadapi corak peperangan di masa depan di tengah kondisi geografis khas negara kita yaitu sebagai negara kepulauan dan rakyat di pinggiran akan merasakan kehadiran negara dan masyarakat semakin bermartabat dan serta semakin bangga menjadi warga Indonesia," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini