Image

IPO, Bank Kesejahteraan Ekonomi Diharapkan Bisa Jadi BUKU II

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 13:32 WIB
https img z okeinfo net content 2017 01 12 278 1589663 ipo bank kesejahteraan ekonomi diharapkan bisa jadi buku ii ZundRteoLH jpg Ilustrasi perbankan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Reliance Capital Management (Reliance Group) mendukung rencana pelepasan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). Pasalnya melalui IPO tersebut BKE dapat naik kelas dari bank BUKU I ke BUKU II.

CEO dan Founder Reliance Group Anton Budidjaja menuturkan, sesuai arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa seluruh bank BUKU I harus dinaikkan kelasnya ke BUKU II. Namun untuk BKE masih terkendala modal, di mana bank BUKU II harus memiliki pendanaan sekira Rp1 triliun.

"Sekarang kan BKE masih Rp350-400 miliar, masih butuh Rp600 miliar untuk naik kelas. Nah kita pikirkan bagaimana penambahan ini, salah satunya dengan IPO atau dengan penjualan saham. Fokus kita meningkatkan jadi BUKU II,"tuturnya di Menara Batavia, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebagai pemegang saham BKE sebesar 20%, Reliance Capital Managent akan turut berpartisipasi menjadikan BKE sebagai bank BUKU II. Caranya dengan meningkatkan saham menjadi 40%. Namun, kata Anton, hal tersebut masih kurang, karena untuk memperoleh dana tambahan hingga Rp1 triliun dibutuhkan peningkatan saham hingga 60%.

"Artinya ada pemegang saham lain yang juga mampu untuk melakukan peningkatan ini. Kalau sekarang kami targetkan tambahannya ke 40%, tapi jika hanya itu kan bank BKE tetap di BUKU I. Jadi ini tidak sesuai visi kami untuk menjadikan BKE ke BUKU II," terangnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini