Image

MNC Securities Resmikan Galeri Investasi di Surabaya

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 15:17 WIB
https img k okeinfo net content 2017 01 12 278 1589778 mnc securities resmikan galeri investasi di surabaya 1sjWYoASIt jpg Peresmian Galeri Investasi (Foto: Nurul/Okezone)

SURABAYA - PT MNC Securities terus berekspansi dan memperluas jaringannya di Tanah Air. Salah satunya dengan  meresmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag). Galeri investasi di salah satu kampus di kota Pahlawan ini merupakan yang ke-42 MNC Securities, sekaligus point of sales ke-79.

Direktur Utama PT MNC Securities Susy Meilina mengatakan, kehadiran Galeri Investasi Untag ini menjadi bukti bahwa pihaknya ingin menyasar semua kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa. Menurut dia, investasi di pasar modal harus diperkenalkan sejak dini. Kurangnya literasi mengenai pasar modal, membuat industri pasar modal dalam negeri lebih banyak dikuasai investor asing.

"Memang modal yang dimiliki mahasiswa untuk investasi di pasar modal tidak begitu besar. Tapi semangat kami adalah ingin mendidik mahasiswa sejak dini agar mereka mengenal pasar modal. Investasi sedikit tidak apa-apa, nantikan juga akan besar," katanya seusai peresmian Galeri Investasi MNC Securities, Kamis (12/1/2017).

Terkait hukum investasi saham menurut umat Islam, kata dia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa Nomor 80, tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Regular Bursa Efek. Fatwa itu membolehkan umat Islam investasi di pasar saham.

Di sisi lain, Susy menepis anggapan berinvestasi di pasar modal itu rumit. Melalui Galeri Investasi inilah bisa menjadi tempat untuk memberi pengetahuan dan pemahaman tentang dunia pasar modal yang seutuhnya.

"Kami ingin mengedukasi bagaimana cara menjadi investor yang baik. Makanya, harus terkait perkembangan dunia, baik itu dalam dan luar negeri," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya, Prof Dr Hj Ida Aju Brahmasari Dipl. DHE. MPA mengatakan, keberadaan galeri investasi di Untag ini sudah berjalan hampir tiga tahun. Keberadaan galeri ini bertujuan mendidik mahasiswa dalam hal pasar saham. Pihaknya berharap, galeri investasi ini tidak hanya dimanfaatkan mahasiswa, tapi juga seluruh civitas akademika kampus.

Menurutnya, investor dalam negeri masih sangat sedikit, hanya sekitar 35%. Sisanya 65% dikuasai asing. Berbeda dengan Vietnam yang mayoritas investor pasar sahamnya, atau sekitar 70% dikuasai investor dalam negeri. "Galeri investasi ini akan menjadi praktik langsung bagi mahasiswa ketika berinvestasi di pasar saham," katanya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini