Image

3 Hal yang Dipantau Jasa Marga untuk Jembatan Cisomang

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 12 320 1589828 3-hal-yang-dipantau-jasa-marga-untuk-jembatan-cisomang-Qs55MK568y.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Meski terjadi pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) di Jembatan Cisomang yang menganggu perjalanan pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi). PT Jasa Marga (Persero) Tbk memutuskan tetap mempertahankan kontruksi jembatan tersebut.

VP Maintenance Jasa Marga Reza Febriano mengatakan, dalam perbaikan dan penguatan Jembatan Cisomang, perseroan memiliki tiga fokus. Pertama, perseroan mempunyai tugas menghentikan daripada pergerakan yang terjadi pada pilar P2 di Jembatan Cisomang.

Kedua, mempertahankan Jemabatan Cisomang supaya bisa dilintasi penggung jalan dan ketiga, memulihkan kekuatan struktur supaya Jembataan Cisomang mendekati kekuatan awal

"Kita punya tiga konsen itu. Menghentikan pergerakan, mempertahankan kondisi jembatan dengan desain umur-umur rata-rata jembatan 50 tahun, dan memulihkan kekuatan struktur supaya mendekati kondisi awal," ujarnya di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebagai langkah awal pasca terjadinya pergeseran pilar P2 Jembatan Cisomang, pekerjaan awal sudah dilakukan. Hasil progres perbaikan dan penguatan jembatan sudah 10%.

Langkah berikutnya adalah pekerjaan dengan struktur yang lebih besar. Di mana karena butuh mobilisasi material ke lapangan dan sebagainya, pekerjaan darurat ini dinyatakan siap dikerjakan.

"Sekarang semua material sudah lapangan. Hari ini seluruh pekerjaan besar sudah siap memulai pekerjaan. Kita targetkan paling lambat akhir Maret 2017 selesai," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini