Image

Revisi UU Minerba Tunggu Jonan, Menko Darmin: Tak Ada PHK

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 17:01 WIB
https img okeinfo net content 2017 01 12 320 1589912 revisi uu minerba tunggu jonan menko darmin tak ada phk lelEKWrkkR jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Revisi aturan kebijakan relaksasi ekspor mineral mentah (konsentrat) dijadwalkan akan diumumkan hari ini. Pengumuman ini akan dilakukan setelah sempat beredar isu bahwa pengumuman akan dilakukan Rabu lalu.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, kebijakan ini sudah disepakati olehnya. Keputusan dan pengumuman selanjutnya akan bergantung pada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Udah, kita sudah naikkan draft, tapi ya gimananya kita lihat saja. Ujung-ujungnya kan di Permen ESDM. Tunggu aja Menteri ESDM. Sebenarnya kebijakannya sudah tinggal mereka tuangkan di peraturan baru mereka umumkan," kata Darmin di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Menurutnya, revisi aturan ini tak akan berdampak pada terjadinya pemutusan hubungan kerja. Untuk itu, karyawan pada sektor minerba tak perlu khawatir dengan berbagai aturan yang nantinya terdapat dalam revisi ini.

"Nanti dulu, enggak ada (PHK)," tegas Darmin.

Seperti diketahui, PP Nomor 23 tahun 2010 merupakan revisi keempat dari aturan turunan UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Tercatat, dalam aturan PP Nomor 1 Tahun 2014 pemegang Kontrak Karya (KK) dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi masih bisa melakukan ekspor mineral hingga 11 Januari 2017, meskipun belum membangun pabrik pemurnian di dalam negeri.

Dalam revisi peraturan itu nantinya bakal disebutkan relaksasi ekspor konsentrat hanya diberikan bagi pemegang izin usaha pertambangan (IUP).

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini