Image

Operasi Pasar, Bulog Jual Cabai Rawit Merah Rp60.000/Kg

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 17:08 WIB
https img z okeinfo net content 2017 01 12 320 1589919 operasi pasar bulog jual cabai rawit merah rp60 000 kg VNV05Y80p6 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog bersama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero) mendapat tugas dari Pemerintah untuk membantu menurunkan harga cabai melihat kondisi harga cabai saat ini yang melambung tinggi hampir seluruh daerah di Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah binaan petani mereka, kami melakukan penyerapan cabai di tingkat petani, sehingga kami bisa menjual Rp35.000 untuk cabai merah besar dan Rp60.000 per kilogramnya untuk cabai rawit merah," ungkap Direktur Komersial Perum Bulog Karyawan Gunarso, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Operasi pasar murah dilakukan Bulog untuk menekan harga ini serentak di seluruh Indonesia. Komoditi yang disalurkan Bulog dalam operasi pasar ini adalah, beras, gula pasir, cabai, minyak goreng dan daging beku. Untuk daging beku sendiri distribusinya dibantu oleh Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI).

"Hari ini kita sudah kunjungi beberapa pasar dan ini bukti kerjasama kami dengan distributor," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, terkait bahan pokok Gula yang sempat menjadi masalah karena stok yang kurang dan harga yang mahal, juga dilakukan operasi pasar di seluruh Indonesia. Ditargetkan bahwa bulan depan Bulog akan mulai memasok gula kepada pedagang sehingga harga akan kembali stabil.

"Seperti yang disampaikan Mendag bahwa Februari kita akan memasok gula bagi para pedagang dengan harga jual yang sama untuk semua kios yaitu Rp12.500," ungkapnya.

Prinsipnya Bulog di seluruh Indonesia ingin mulai menstabilkan harga bahan pokok dengan melakukan operasi pasar, pasar murah, baik secara mandiri oleh Bulog sendiri maupun bekerja sama dengan asosiasi seperti ADDI.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini