Image

Tanah Pilar Jembatan Cisomang Labil terhadap Cuaca

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 18:11 WIB
https img z okeinfo net content 2017 01 12 320 1589999 tanah pilar jembatan cisomang labil terhadap cuaca X4qKVqkkCs jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk di bawah koordinasi dan supervisi Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan pengerjaan tahap awal untuk perbaikan dan penguatan pergeseran Jembatan Cisomang. Hasilnya didapati material tanah di bawah pilar P2 labil.

"Hasil investigasi ditemukan satu jenis material tanah yang labil, seperti diketahui P2 (pilar tergeser) dilakukan pemboran ditemukan lapisan di kedalaman 40 meter material labil rentan terhadap perubahan cuaca," jelas VP Maintenance Jasa Marga Reza Febriano di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Dirinya menambahkan, setelah dilakukan upaya sisi maintenance ditemukan bawah pergeseran Jembatan Cisomang bukan terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu, monitoring akan terus dilakukan.

"Robotic pengukuran dilakukan tiap jam, kalau ada pergerakan cukup signifikan dia berikan sinyal atau tanda bilamana ada angka normal di luar dari biasa hasil pengukuran. Monitoring dilakukan secara berkala. Ada tim piket selama 24 jam yang mengawasi,"tuturnya.

Sekedar informasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan pergeseran Jembatan Cisomang masih aman. Berdasarkan hasil monitoring pasca perbaikan awal, pergeseran masih berada di posisi 55 centimeter (cm).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini