Image

Pesan Jokowi, Jaga dan Rawat Rusun dari Pemerintah

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 12 470 1589618 pesan-jokowi-jaga-dan-rawat-rusun-dari-pemerintah-KpmOShmsot.jpg Ilustrasi: Okezone

PARE-PARE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan meminta para penerima bantuan rumah susun (rusun) dari pemerintah dapat segera dimanfaatkan dan merawat bangunan vertikal tersebut dengan baik.

"Para penerima bantuan rusun harus memanfaatkan bangunan dengan cara segera menghuni dan merawat bangunan itu dengan baik. Sebab anggaran rusun juga berasal dari APBN," ujar Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/1/2016).

Syarif menjelaskan, arahan untuk memelihara dan segera menghuni rusun tersebut juga merupakan pesan dari Presiden Joko Widodo secara tertulis dalam prasasti peresmian. Selain untuk menghindari kerusakan bangunan apabila tidak dihuni, pengelolaan rusun yang baik diharapkan mampu membuat struktur bangunan bertahan lama. Alhasil, bisa dimanfaatkan hingga masa-masa mendatang.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa memelihara bangunan yang ada lebih sulit ketimbang harus membangunnya. Tantangannya adalah bagaimana bangunan vertikal yang menggunakan APBN berasal dari uang rakyat harus dapat dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan hunian yang layak huni.

"Dalam prasasti tersebut ditulis Presiden Joko Widodo berpesan 'Agar Bangunan Ini Dapat Dimanfaatkan Serta Dirawat dan Dipelihara Dengan Sebaik-baiknya'. Ini merupakan amanat yang harus dilaksanakan dengan baik, sebab ke depan lahan terbuka dan untuk perumahan semakin minim dan rusun adalah alternatif huniannya," terangnya.

Kementerian PUPR juga telah melengkapi dengan fasilitas pendukung. Adapun tujuannya adalah agar masyarakat, mahasiswa dan santri maupun abdi negara dan anggota TNI/Polri lebih nyaman tinggal di rusun. Jaringan listrik, air bersih, prasarana umum serta furnitur seperti meja-kursi, lemari pakaian dan tempat tidur pun telah tersedia di setiap unit rusun.

"Sekarang jangan pusing-pusing lagi jika ingin tinggal di rusun. Fasilitasnya mulai dari listrik, air dan PSU sekarang lengkap dan tersedia di setiap rusun," terangnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini