Image

Duh, Ada Pulau Tak Bernama yang Dihuni Warga Asing

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 14:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 12 470 1589711 duh-ada-pulau-tak-bernama-yang-dihuni-warga-asing-Fg4ee4uV8m.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah tengah berupaya mempercepat pemberian nama pulau-pulau di Indonesia. Pasalnya, masih banyak pulau yang saat ini tidak memiliki nama.

Bahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengakui pulau tak bernama itu dihuni oleh asing. Misalnya pulau tak bernama di wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Sekarang ini banyak pulau belum punya nama, tapi di sewa asing kayak di NTT dan beberapa daerah untuk pariwisata," kata dia saat ditemui di Kementerian Pertahanan, Kamis (12/1/2017).

Untuk pulau tak bernama yang disewa asing itu, Tjahjo menyarankan agar di data ulang. Seperti masa kontraknya dan nilai tambah bagi daerah.

Masih terkait pulau tak bernama, Tjahjo membenarkan saat ini pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kemenko Maritim akan mempercepat pemberian nama. Paling tidak, ada mercusuar dan tanda batas wilayah di pulau tersebut.

"Pemerintah ingin mempercepat lewat KKP, Kemenko maritim supaya semua pulau ada namanya baik berpenghuni maaupun yang tidak, minimal ada mercusuar dipasang, ada tonggaknya sehingga jelas batas wilayah Indonesia," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini