Image

Soal Pulau Tak Bernama, Mendagri: Jangan Pakai Nama Asing

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 14:51 WIB
https img o okeinfo net content 2017 01 12 470 1589748 soal pulau tak bernama mendagri jangan pakai nama asing rdQUFsxbF8 jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah akan mempercepat pemberian nama bagi pulau-pulau di Indonesia. Pemberian tengah dilakukan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kemenko Maritim.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, dirinya mendukung upaya penamaan pulau tersebut. Hanya saja dia berharap pulau dinamai dengan Bahasa Indonesia. Bukan nama-nama asing.

"Yang penting namanya jangan nama asing, namanya pakai Bahasa Indonesia yang baik, nama daerah, nama tokoh-tokoh daerah," kata dia saat ditemui di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Mengenai pulau tak bernama, Tjahjo mengakui sudah melayangkan surat untuk pejabat daerah. Dia meminta kepala daerah baik gubernur, wali kota hingga bupati segera menamai pulau tersebut.

"Khususnya pulau-pulau yang tidak ada namanya diberi nama. Mau nama A,B,C,D sampai Z segera, tapi praktiknya sampai hari ini baru 40% yang sudah diberi nama," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini