Image

Rupiah dan Bursa Berkinerja Baik, Ketua OJK: Tak Mudah Lalui 2016

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 20:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 13 20 1591157 rupiah-dan-bursa-berkinerja-baik-ketua-ojk-tak-mudah-lalui-2016-BG8nD9LBKA.jpg Muliaman D Hadad (Foto: Kurniasih MJ/Okezone)

JAKARTA - 2016 telah berlalu, berbagai macam dinamika perekonomian telah dilalui. Apalagi, dinamika-dinamika tersebut begitu cepat berlalu.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan, 2016 tersebut tidak dilalui dengan mudah.

"Kita menyaksikan proses pemulihan global masih berjalan tidak seimbang. Sebagian besar negara maju masih berupaya ekstra keras memulihkan ekonominya, sementara AS sudah menunjukkan perbaikan yang semakin solid," ujarnya, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Sementara itu, lanjut Muliaman, pasar keuangan global terekspos pada beberapa kejadian yang tidak diperkirakan seperti kemenangan pendukung Brexit, hasil pemilu Presiden di AS, dan hasil referendum konstitusi di Italia. Sehingga menimbulkan kekhawatiran akan menguatnya gerakan nasionalisme di Eropa.

"Namun, di tengah seluruh dinamika tersebut, Saya mencatat capaian kinerja ekonomi nasional masih positif," ujarnya.

Di saat banyak negara mengalami perlambatan pertumbuhan, lanjutnya, PDB Indonesia tetap dapat tumbuh cukup tinggi dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada saat mata uang banyak negara mengalami depresiasi terhadap dolar AS, Rupiah masih mencatat apresiasi.

"Bursa saham kita juga mencatatkan kinerja yang terbaik ke-2 di Asia, dan terbaik ke-5 di antara bursa utama dunia," ujarnya.

Namun, dirinya menambahkan, meskipun sempat mengalami tekanan, khususnya pada kuartal terakhir 2016, namun stabilitas sistem keuangan dan tingkat kesehatan lembaga jasa keuangan tetap terjaga.

"Saya mengapresiasi seluruh pihak –Pemerintah, regulator, dunia usaha dan tentunya seluruh lapisan masyarakat—yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang solid," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini