Image

4 Kebijakan yang Segera Dikeluarkan OJK di 2017

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 20:23 WIB
https img k okeinfo net content 2017 01 13 20 1591187 4 kebijakan yang segera dikeluarkan ojk di 2017 zcja4MU3BV jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun ini akan mengeluarkan 4 kebijakan. Hal ini untuk menjaga stabilitas perekonomian.

Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Muliaman D Hadad mengatakan, 4 kebijakan tersebut akan berfokus pada upaya penguatan pengawasan terintegrasi, penyempurnaan pengaturan manajemen risiko, dan peningkatan kapasitas industri jasa keuangan nasional.

Pertama, lanjutnya, OJK akan menerbitkan ketentuan mengenai pengelolaan risiko likuiditas konglomerasi, manajemen permodalan konglomerasi, dan intra-group transaction exposures. ketentuan tersebut untuk melengkapi pengaturan kecukupan modal, manajemen risiko, dan tata kelola konglomerasi keuangan yang telah dikeluarkan sebelumnya.

"Penyempurnaan kerangka pengaturan dan pengawasan konglomerasi keuangan ini menjadi penting karena ketangguhan dan daya tahan sektor jasa keuangan sangat dipengaruhi oleh kondisi konglomerasi keuangan yang menguasai tiga perempat pangsa pasar keuangan di Indonesia," ujar Muliaman, Jakarta, Jumat (13/1/2016).

Sementara itu, untuk kedua,OJK akan berupaya untuk menyediakan likuiditas yang cukup dalam pembiayaan pembangunan serta monitoring melalui beberapa upaya.

"Ketiga, dalam memenuhi mandat Undang-Undang tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK), Kami di tahun 2017 ini akan menerbitkan beberapa peraturan terkait, khususnya ketentuan mengenai rencana aksi (recovery plan) bagi Bank Sistemik," ujarnya.

Sedangkan untuk yang terakhir, Muliman mengatakan, sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas sistem keuangan, maka perlu pula disiapkan ketentuan yang mendorong agar bisnis industri keuangan nonbank dapat tumbuh sehat dan berkelanjutan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini