Image

Peminat Tax Amnesty Menurun, JK: Kesalahan Masa Lalu Harus Diperbaiki

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 22:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 13 20 1591271 peminat-tax-amnesty-menurun-jk-kesalahan-masa-lalu-harus-diperbaiki-07hYXqkTTg.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengakui program tax amnesty periode II lalu mengalami penurunan dibandingkan periode I sebelumnya. Untuk itu JK mengimbau agar ada perbaikan yang dilakukan terkait pengumpulan dana pajak.

"Program tahap pertama sedikit berhasil, kemudian menurun di tahap kedua artinya adalah kita punya banyak suatu bentuk kesalahan masa lalu yang harus kita perbaiki," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Salah satu yang mesti diperbaiki, kata JK ialah sistem perpajakan, menyangkut devisa. Pasalnya, hal itu memengaruhi kekayaan yang diperoleh oleh negara yang bersumber dari pajak.

"Sistem perpajakan, sistem devisa yang tentu menyebabkan kekayaan-kekayaan bisa bebas bayar pajak sekaligus lari keluar," jelasnya.

Meski periode II mengalami kekenduran dari total penerimaan pajak, JK tetap menekankan pentingnya program tersebut. Dia pun mengingatkan, bahwa kesempatan tax amnesty tidak harus dimanfaatkan dengan baik. Sebab program pengampunan pajak ini tidak akan terulang kembali.

"Tax amnesty tentu tidak setiap tahun pastilah tidak, mudah-mudahan tidak akan dilakukan lagi," tambahnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini