Image

Pilih Jepang atau China? JK: RI Tak Berpihak ke Negara Tertentu

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 22:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 13 20 1591284 pilih-jepang-atau-china-jk-ri-tak-berpihak-ke-negara-tertentu-wGHb04zDQM.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan kondisi perekonomian yang tidak menentu saat ini menunjukkan bahwa Indonesia sebagai sebuah negara memerlukan kehadiran negara lain.

"Pada akhirnya kita tidak mungkin berdiri sendiri," kata JK di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Ia pun menekankan kebijakan yang dimiliki Indonesia telah mendukung upaya negara untuk menciptakan kerjasama yang tidak berpihak terhadap suatu negara tertentu.

Seperti diungkapkannya, Indonesia menjaga hubungan negara dengan Jepang maupun China. Walaupun di sisi lain diketahui, kedua negara tersebut memiliki persaingan, khususnya di bidang ekonomi.

"Dua hari lagi Abe (Perdana Menteri Jepang) datang ke hotel ini (Fairmont), menginap. Bagaimana China akan one belt one road. Jepang, Indonesia, Pasifik, dan dari semua program itu Indonesia selalu ada di tengah, diajak China, diajak Jepang," tegas JK.

Hal itu, lanjut JK, menunjukkan bahwa Indonesia begitu berkomitmen dengan kebijakan luar negerinya yang tidak berpihak kemanapun, melainkan berpihak untuk kepentingan bersama.

"Kita tetap konsisten politik bebas aktif. Kita tidak berpihak salah satu tetapi kita memilih mana yang terbaik, itu yang sangat penting dalam memilih politik regional," tambahnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini