Image

Entikong Berpotensi Kembangkan Industri Perhotelan

ant, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2017, 11:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 14 470 1591497 entikong-berpotensi-kembangkan-industri-perhotelan-XMaYoH7KPm.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

PONTIANAK - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto mengatakan, masyarakat Entikong, Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Malaysia harus siap untuk bersaing karena kawasan tersebut sangat strategis secara ekonomi.

"Kawasan Entikong banyak sekali industri yang bisa dikembangkan seperti pembuatan tepung lada. Selama ini, lada dari daerah sini dikirim ke Jawa Timur untuk diolah. Ini tentu peluang tersendiri," ujarnya di Pontianak, Sabtu (14/1/2017).

Dia menambahkan di bidang lainnya seperti jasa, contoh, soal minimnya hotel dan penginapan yang representatif.

"Padahal Entikong adalah jalur transit masyarakat yang sibuk. Tetapi untuk hotel yang representatif sepertinya masih kurang. Apalagi ini jalur sibuk, tempat lalu lintas manusia," kata dia.

Sementara itu, Camat Entikong Suparman mengatakan bahwa potensi pertanian seperti lada di Entikong sangat potensial. Selama ini memang untuk penjualan lada dilakukan ke Malaysia.

Sementara untuk terkait belum diberlakukannya impor di PLBN Entikong hanya berpengaruh sebagian bagi masyarakat Entikong.

"Sebagian besar masyarakat di sini bertani, bukan melakukan perdagangan luar negeri. Memang ada yang terkena dampaknya, yaitu mereka yang biasa melakukan impor dan merembes juga ke para pekerjanya seperti sopir, kuli panggul dan lainnya," kata dia.

(dhe)

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini